SMK Bina Wisata Lembang merupakan salah satu sekolah yang berkualitas dan berstandar parawisata dengan visi dan misi yang berkualitas.

,

Administrasi Perkantoran

ADMINISTRASI PERKANTORAN

Administrasi Perkantoran adalah sebuah kompetensi keahlian yang bergelut di bidang perkantoran, seluruh kegiatan yang bersifat teknis dan memiliki fungsi atau peran penting dalam pekerjaan operatif.


Pengertian Administrasi Perkantoran Secara Umum
Secara etimologi kata Administrasi berasal dari bahasa Latin, yaitu Ad yang memiliki arti intensif dan ministrare yang memiliki arti melayani, membantu, dan memenuhi.
Dalam pandangan sempit, administrasi perkantoran adalah seluruh kegiatan yang bersifat teknis dan memiliki fungsi atau peran penting dalam pelaksanaan pekerjaan operatif, menyediakan keterangan untuk pimpinan, serta membantu keefektifan organisasi perusahaan.
Secara luas, administrasi perkantoran adalah suatu kegiatan merencanakan, mengarahkan, mengorganisir, menyelenggarakan, mengawasi berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan ruang lingkup kantor dan tata usaha secara tertib.
Fungsi administrasi perkantoran

1. Fungsi teknis
     Fungsi yang mengaplikasikan keterampilan dan berkaitan dengan teknologi guna memproduksi sebuah informasi seperti melalui komputer, mesin tik, dan fax

2. Fungsi rutinitas pemeliharaan dan duplikasi
     Fungsi untuk melakukan aktivitas kearsipan dan penggandaan seperti fotocopy, scan, dan sebagainya

3. Fungsi manajerial
     Fungsi yang di dalamnya terdapat prinsip perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kepada segenap SDM (sumber daya manusia) dan produksi yang ada serta proses kinerjanya.

4. Fungsi interpersonal
     Fungsi yang dapat menjadi pedoman bagi pengevaluasian kerja SDM yang menyangkut promosi atau peningkatan karir demosi dan pemutusan hubungan kerja (PHK) seorang karyawan

5. Fungsi analisis
     Fungsi untuk menjadikan semua proses administrasi sebagai bahan pertimbangan bagi pengambilan keputusan oleh seorang pimpinan

6. Fungsi pengingat
     Fungsi untuk mengingatkan pihak terkait, yang berhubungan dengan dokumen, baik tertulis maupun elektronik akan suatu kejadian penting.

7. Fungsi validitas
     Fungsi yang memungkinkan suatu dokumen administrasi bisa menjadi sebuah bukti suatu kejadian/transaksi apabila dibutuhkan dikemudian hari

Peranan administrasi perkantoran
a. Media komunikasi dua belah pihak atau lebih yang sedang berhubungan bisnis atau lainnya.
b. Jembatan historis untuk mengungkap kejadian di masa lampau.
c. Penghubung segala asal dan tujuan bagi masing-masing pihak.


advertisement

 Advertisement



Share:

No comments:

Post a Comment