SMK Bina Wisata Lembang merupakan salah satu sekolah yang berkualitas dan berstandar parawisata dengan visi dan misi yang berkualitas.

, , ,

AKOMODASI PERHOTELAN


Akomodasi Perhotelan adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan tentang akomodasi perhotelan, pengelolaan dan penyelengaraan akomodasi.

Departemen dalam sebuah Hotel:

  • Room Devison Department
Room devision department yaitu devisi utama di sebuah hotel yang bertanggung jawab atas seluruh operational dari hotel terutama di bidang kamar(room). Room devision membawahi Front Office dan Housekeeping.
Housekeeping Department adalah departemen yang bertangung jawab atas kebersihan hotel baik itu kamar hotel maupun area umum hotel.
Front Office adalah department yang bertugas dan bertanggung jawab atas pemesanan dan penjualan kamar hotel, serta menangani tamu yang check in maupun check out.

  • Food and Beverage Department
Food and Beverage Department yaitu departement yang membawahi Food and Beverage Product dan Food and Beverage Service.
Food and Beverage (F&B) Product adalah salah satu departemen di hotel yang bertanggung jawab atas pengolahan bahan makanan mentah menjadi makanan yang siap hidang, atau departemen yang betugas untuk membuat makanan dan minuman dikicthen hotel.
Food and Beverage (F&B) Service adalah salah satu departemen di hotel yang bertanggung jawab atas seluruh operasional dari kegitan pelayanan penghidangan makan dan minuman di hotel.

  • Sales and Marketing Department
Sales and Marketing Department yaitu departemen hotel yang betugas atas penjualan dan pemasaran dari hotel, serta bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh kegiatan yang berhubungan dengan dengan kegiatan penjualan dan pemasaran hotel.
  • Accounting Department
Accounting Department bertugas untuk mengawasi seluruh pengluaran dan pemasukan hotel yang berhubungan dengan Hotel Revenue.
  • Engineering Department
Engineering Department salah satu bagian dari hotel yang bertugas untuk memperbaiki dan melakukan perawatan barang barang hotel yang berupa mesin. Bertanggung jawab atas seluruh operasional perbaikan dan perawatan barang barang hotel yang berupa mesin.
  • Human Resouces Department
Human Resouces Department yaitu yang bertanggung jawab atas pemilihan dan perekrutan sumber daya manusia di hotel serta bertugas untuk menangani hal hal diluar hotel yang berhubungan dengan masyarakat.
  • Spa Department
Spa Department yaitu yang bertanggung jawab atas seluruh operasional di bagian spa di hotel. Bertugas untuk melakukan pelayanan treatment untuk tamu yang menginap di hotel seperti massage.





Share:

1 comment: