SMK Bina Wisata Lembang merupakan salah satu sekolah yang berkualitas dan berstandar parawisata dengan visi dan misi yang berkualitas.

, , ,

REKAYASA PERANGKAT LUNAK



Rekayasa Perangkat Lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami bagaimana cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Secara umum Rekayasa Perangkat Lunak mempunyai istilah yaitu Software Engineering.

Peran - peran Rekayasa Perangkat Lunak dalam dunia perusahaan:
  • Project Manager
Project manager adalah orang yang ditunjuk untuk menggerakkan organisasi proyek dan memimpinnya dalam mencapai objective proyek. Project Manager adalah posisi puncak yang luar biasa dalam proyek. Di pikiran dan penanya, tertumpu beban tanggung jawab yang besar atas kesuksesan proyek.
  • Analis Sistem / System Analyst 
Analis sistem / System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.
  • UX (User Experience) Designer
User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.
  • UI (User Interface) Designer
User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user interface digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware.
  • Technical Writer
Technical Writer adalah seseorang yang mendokumentasikan keseluruhan sistem yang dibuat. Technical Writer juga membuat help guide yang fungsinya untuk memberikan panduan kepada client.
  • Quality Assurance
Quality Assurance adalah seseorang yang menguji dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu produk. Quality Assurance mempunyai tanggung jawab terhadap jaminan kualitas.
  • Network Engineer
Network Engineer adalah seseorang yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah perusahaan. Seseorang Network Engineer akan dianggap berhasil ketika Jaringan yang dikelolanya dapat berfungsi baik, stabil, dapat diakses/digunakan oleh user, dan mendukung tujuan organisasi.
  • System Engineer
System Engineer adalah seseorang yang melakukan kegiatan yang melakukan pendeketan multi-disiplin untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Dengan kata lain, SE adalah kata yang memiliki arti yang luas, dan bukan hanya sebagai istilah pada dunia komputer saja.Pada dunia informasi, kumpulan kemampuan yang berarti sistem adalah “komputer” dan “informasi”. Ini adalah sebuah premise utama.
  • Front-end Designer
Front-end Designer adalah seseorang yang bertugas untuk membuat tampilan sebuah web semenarik mungkin. Front-end Designer berfokus pada HTML, CSS, Javascript.
  • Back-end Designer
Back-end adalah seseorang yang mengatur bagian belakang layar dari sebuah website. Bahasa pemograman untuk back-end development diantaranya adalah PHP, Ruby, Python, dan banyak lainnya.


Foto Kegiatan Jurusan RPL SMK Bina Wisata Lembang












Advertisement

Advertisement

Untuo info pemesanan silahkan hubungi :
Whatsapp : Kiki 0896-6011-0297




Share:

2 comments: